Sudah pernah baca etnografinya Evan-Pritchard
yang berjudul THE NUER belum? Coba deh baca, keren lho. Bagi kalian
yang belum baca, bolehlah ya saya beri sedikit ringkasannya. Jadi buku
ini merupakan sebuah etnografi mengenai suatu suku di Sudan Selatan yang bernama suku
Nuer. Dalam buku ini, Evan-Pritchard menyebutkan bahwa ukuran tribal dan karakter
khas dari aturan sosial merupakan sesuatu yang penting, khususnya dalam suku Nuer, karena mereka tidak
memiliki mekanisme yang jelas dari kontrol sosial dan integrasi politik. Ada dua bagian dalam sistem,
yang disebut Evan-Pritchard sebagai “segments” dan “sections”. Tribal segments
digambarkan sebagai “structural equilibrium” (keseimbangan struktural) yang
merupakan produk dari “structural principle” (prinsip struktural). Prinsip struktural
merupakan aturan yang spesifik dimana segments akan saling menentang atau
saling menyatu dalam suatu proses yang disebut “fission” (pembelahan) dan
“fusion” (penyatuan).
Satu dari abtraksi terbesar THE NUER adalah konstruksinya yang
elegan. THE NUER dapat dikatakan terbagi menjadi tiga bagian: bagian pertama
dua bab (“Interest In Cattle” dan “Oecology”); bab tengah (“Time and Space”)
yang berfungsi sebagai jembatan antara bagian-bagian; dan selanjutnya dua bab
(“The Political System” dan “The Lineage System”), membentuk garis lurus dan
simetris “plan”. Evan-Pritchard mengemukakan prinsipnya terhadap pembagian/segmentasi
untuk menjelaskan pembelahan dan penyatuan tribal dan analisis aturan paradox
dari perselisihan dalam memelihara solidaritas tribal.
Sistem politik suku Nuer hanya dapat dipahami dalam sebuah relasi struktur, demikian pula dengan karakter kelompok Nuer yang harus diartikan melalui relasi antaranggota dengan kelompok lain yang memiliki kesamaan aturan hingga sistem politik. Relasi politik dapat terisolir dan dipelajari sendiri dalam sistem sosial lainnya, namun relasi politik mempunyai fungsi yang spesifik dari kumpulan relasi sosial. Relasi struktural di antara suku Nuer dan orang lain ditegakkan melalui “institution of warfare” dan relasi struktural antara elemen-elemen dalam suku yang sama ditegakkan melalui “institution of the feud”.
Sistem politik suku Nuer hanya dapat dipahami dalam sebuah relasi struktur, demikian pula dengan karakter kelompok Nuer yang harus diartikan melalui relasi antaranggota dengan kelompok lain yang memiliki kesamaan aturan hingga sistem politik. Relasi politik dapat terisolir dan dipelajari sendiri dalam sistem sosial lainnya, namun relasi politik mempunyai fungsi yang spesifik dari kumpulan relasi sosial. Relasi struktural di antara suku Nuer dan orang lain ditegakkan melalui “institution of warfare” dan relasi struktural antara elemen-elemen dalam suku yang sama ditegakkan melalui “institution of the feud”.
Untuk mendukung kesimpulan mengenai paksaan ekologi pada kelompok suku Nuer, Evans-Pritchard menggunakan data visual, observasi, dan pernyataan dari orang lain untuk memberi sedikit data mengenai pendapat suku Nuer tentang benda. Penjelasan tentang karakter kelompok lokal, Evans-Pritchard memberikan fakta bahwa mereka memiliki perkampungan lokal dan anggotanya saling bergantung satu sama lain. Fakta-fakta tersebut terangkum dalam beberapa foto, satu di antaranya dapat dilihat pada Plate XII (air-view of villages).
Evans-Pritchard menekankan
pada aturan normatif dalam menggambarkan organisasi suku Nuer, dan ini terlihat
kontras dengan fakta historis yang dikemukakan Evans-Pritchard dalam mendukung
interpretasinya mengenai hubungan antara Nuer dan lainnya. Tulisan THE NUER merupakan analisis struktural
yang berfokus pada model gagasan. Dalam membicarakan hak dan kewajiban,
Evans-Pritchard menggarisbawahi bagaimana orang akan menemui teori yang kontras
dengan praktik di lapangan.
Keren, terima kasih bagi2 ilmunya. Salam berkarya dan berbagi selalu
BalasHapusTerima kasih sudah mampir dan membaca tulisan saya. Semoga bermanfaat.
Hapus